recent posts

banner image

10 Jenis Kopi Nusantara Yang Sudah Terkenal Di Dunia

Berbicara tentang kekayaan bumi pertiwi tidak akan pernah ada habisnya. Dari kekayaan alamnya, budayanya, kesenian dan masih banyak lagi. Salah satu kekayaan alam yang sudah melegenda di dunia adalah kekayaan akan rempah-rempahnya. Salah satunya adalah kopi.

Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis kopi baik kopi arabica maupun robusta. Hampir setiap daerah memiliki kopi yang khas dari daerahnya masing-masing. Tidak heran jika hal ini menjadi salah satu daya tarik turis mancanegara untuk mengunjungi Indonesia. Perbedaan tempat tumbuh, proses produksi, serta proses genetika akan menghasilkan rasa kopi yang berbeda-beda.

10 Jenis kopi Nusantara Yang sudah Terkenal di Dunia

Saat ini, Indonesia telah berhasil menduduki urutan ke empat sebagai negara penghasil kopi terbaik di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Columbia. Hal itulah salah satu yang menjadi kebanggaan dari kekayaan kopi Indonesia.

Berikut 10 Jenis Kopi nusantara yang terkenal di Dunia:

  • Kopi Gayo

Siapa yang tidak mengenal Kopi Gayo? Salah satu jenis kopi terbaik di dunia ini memang sudah sangat terkenal sejak dulu kala. Kopi Arabica yang tumbuh dari Dataran Tinggi Gayo, Sumatera, Indonesia ini telah berhasil mendapatkan Fair Trade Certified dari Organisasi Internasional Fair Trade pada tahun 2010 bulan mei yang lalu.

Selain itu, Kopi Gayo juga mendapatkan pernghargaan Indikasi Geografis. Penghargaan tersebut diserahkan kepada Menteri Hukum dan HAM. Kemudian pada Oktober 2010 di Bali saat diadakan Event Lelang Special Kopi. Kopi Gayo telah berhasil memperoleh peringkat tertinggi sebagai kopi organik terbaik di dunia.

  • Kopi Toraja

Tanah Toraja merupakan salah satu daerah yang diberkahi. Tanah tempat kopi tumbuh subur dengan kualitas yang istimewa dan tak kalah baik dari jenis kopi dari daerah lain. Kopi toraja memiliki rasa yang kuat dengan kadar asam yang tinggi. Karena hal inilah yang menjadikan kopi Toraja banyak diminati oleh para pecinta kopi.

Meskipun kopi Toraja hampir sama dengan Kpi Sumatera, Namun Kopi Toraja tetap memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis kopi manapun. Bentuk biji dari Kopi Toraja adalah lebih kecil, mengkilap dan lebih licin. Sedangkan cita rasanya adalah rasa asam dengan aroma Toraja yang khas. Serta memiliki karakteristik yang unik.

  • Kopi Kintamani

Siapa yang tidak mengenal Bali? Bahkan banyak sekali Turis Mancanegara yang lebih mengenal Bali dari pada Negara Indonesia. Mereka banyak yang tidak tahu jika Bali merupakan salah satu pulau bagian dari Negara Indonesia. Di Pulau Bali juga terdapat salah satu daerah yang mampu menghasilkan Jenis Kopi terbaik. Yaitu, Kopi Kintamani.

Kopi Kintamani merupakan kopi yang tumbuh dan berasal dari daerah dataran tinggi Kintamani, Bali. Kopi ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kopi Nusantara lainnya.

Kopi Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang segar dan asam. Hal ini terjadi karena Kopi Kintamani tumbuh bersama atau tumpang sari dengan tanaman sayur dan buah lainnya.

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai jenis kopi yang kuat, Anda dapat memilih Kopi Kintamani sebagai pilihan untuk Anda nikmati. Karena Kopi Kintamani memiliki rasa yang unik, lembut dan tidak berat.

  • Kopi Jawa

Kopi Jawa sudah dikenal sejak abad ke-17.Pada saat itu Belanda sedang memperkenalkan dan memulai menanam biji Kopi di Tanah Jawa. Meskipun jenis kopi dari berbagai daerah sangat banyak, Kopi Jawa tetap menjadi pilihan utama para Petinggi Belanda saat itu. Kopi Jawa memiliki aroma rempah dengan karakteriktik yang sangat khas.

Kopi yang berasal dari pegunungan Ijen Banyuwangi Jawa Timur ini merupakan salah satu jenis kopi Arabica berkualitas dunia. Aroma rempah telah lahir secara alami pada kopi Jawa ini. Sebagian besar kopi Jawa diproses secara giling basah. Hal inilah yang membuat kopi Jawa memiliki cita rasa yang tidak teralu kuat seperti halnya Kopi Toraja.

  • Kopi Flores

Flores, Nusa Tenggara Timur- Selain dikenal memilki keindaha alam yang begitu mempesona, Flores juga terkenal akan cita rasa kopi yang dihasilkannya. Memiliki tanah yang subur karena adanya abu vulkanik yang berasal dari gunung berapi, menjadikan Kopi Flores memiliki cita rasa yang begitu istimewa dan khas.

Tanah tempat tumbuh Kopi Flore telah mengandung andolos subur yang terbukti baik untuk menanam kopi. Sehingga tidak heran jika Kopi Flores merupakan salah satu jenis kopi arabica terbaik di dunia. Kopi Flores memiliki aroma buah dan tembakau setelah meminumnya yang akan memberikan kesan yang berbeda saat Anda menikmatinya.

  • Kopi Lanang

Disebut Kopi Lanang yang dalam bahasa Indonesia Arti Lanang adalah Laki-laki, tercipta karena memiliki biji kopi yang berbentuk bulat, tunggal dan tidak terbelah seperti jenis kopi pada umumnya. Jenis kopi ini bisa membentuk kopi Lanang Robusta dan Kopi Lanang Arabica. Sehingga tidak heran jika harganya pun lebih mahal jika dibandingkan lainnya.

Selain karena bentuk biji kopi yang tunggal, Kopi Lanang juga dapat menambah vitalitas Pria. Sehingga bagi Anda yang meminumnya tentu akan menambah keperkasaan Anda atau semakin Lanang atau Laki.

  • Kopi Luwak

Siapa yang tidak mengenal Kopi Luwak? Kopi yang dihasilkan dari luwak ini selalu memiliki kualitas yang juara. Luwak atau Musang merupakan hewan yang memiliki kemampuan untuk bisa memilih biji kopi terbaik. Sehingga tidak mengherankan jika kualitas kopi yang dihasilkan oleh luwak ini sangat istimewa dan menjadi kopi termahal.

  • Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang merupakan salah satu kopi Indonesia yang memiliki kualitas yang istimewa. Bagaimana bisa istimewa? Kopi ini menjadi pesaing utama dari kopi Negara Brazil yang notabene merupakan negara penghasil Kopi Terbaik di Dunia.

Kopi Sidikalang memiliki cita rasa yang mantab. Kopi ini sangat digemari oleh para pecinta kopi baik Indonesia maupun Mancanegara. Kopi Sidikalang memiliki tekstur yang paling halus jika dibandingkan jenis kopi lainnya di Dunia. Kopi ini sangat cocok untuk menemani sore Santai saat bersama keluarga Anda.

  • Kopi Wamena

Kopi Wamena merupakan Kopi yang tumbuh di Pegunungan Wamena, Papua. Kopi Wamena memiliki cita rasa yang khas. Karena keterbatasan transportasi, Para Petani kopi di Pegunungan Wamena masih menggunakan bahan-bahan organik untuk merawat tanaman kopi mereka. Sehingga kopi yang dihasilkannya pun memiliki aroma yang harum dalam setiap bijinya.

Kopi Wamena terasa sangat original, terasa ringan tanpa menyisakan ampas, memiliki aroma yang harum, serta tidak meninggalkan rasa asam di lidah. Sehingga tidak heran jika banyak yang menyukainya. Namun sayangnya, perkembangan kopi ini terkendala oleh susahnya distribusi ke daerah lain.

  • Kopi Sumatera

Terakhir, salah satu kopi terbaik Indonesia yang terkenal di Mancanegara adalah Kopi Sumatera. Kopi Sumatera merupakan kopi yang berasal dari pulau Sumatera.

Kopi Sumetera yang paling terkenal berasal dari daerah Sumatera Utara, yaitu Mandheling, Letong dan Sidikalang. Ditanam di kontur tanah dan ketinggian yang ideal membuat Kopi Sumatera dipandang baik di Mancanegara.

Bagaimana menurut Anda? Mana jenis kopi Favorit Anda? Indonesia memang kaya akan aneka jenis kopi istimewa. Bagi Anda pecinta kopi, Tidak ada salahnya jika Anda jelajahi semua rasa kopi Nusantara agar Anda mendapatkan kesan yang berbeda dalam setiap cangkirnya.
10 Jenis Kopi Nusantara Yang Sudah Terkenal Di Dunia 10 Jenis Kopi Nusantara Yang Sudah Terkenal Di Dunia Reviewed by Unknown on 19.58 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.