recent posts

banner image

10 Cara Menikmati Kopi Yang Benar

Secangkir kopi di pagi hari sangat pas untuk memulai hari-hari Anda. Entah kopi latte, cappucino, espresso atau mocha yang Anda nikmati, kopi tersebut mampu membuat Anda semangat dalam menjalani setiap kegiatan. Namun apakah cara menikmati kopi Anda sudah benar?

Ada banyak cara menikmati kopi, tidak hanya mencicipi secangkir kopi untuk menentukan ini enak atau tidak, namun Anda sebagai pencinta kopi harus merasakan sensasi kenikmatan yang ada pada setiap cangkir kopi yang disajikan. Perlu Anda ketahui bahwa jenis kopi yang sama namun beda cara memproses akan menghasilkan sensasi yang berbeda pula.

10 Cara Menikmati Kopi yang Benar

Bagi anda yang sudah lama menikmati sebuah kopi tentu sudah paham bagaimana cara menikmati kopi yang benar, namun bagi Anda yang pemula. Berikut ini ada beberapa ulasan yang bisa Anda coba supaya bisa menikmati kopi dengan benar.

  • Kenali jenis kopi

Cara menikmati kopi yang pertama adalah mengenali jenis kopi, karena akan terasa lucu apabila Anda tidak mengetahui jenis kopi apa yang sedang diminum. Dengan mengetahui jenis kopi yang anda minum itu akan menjadi pengalaman yang tercatat dalam ingatan anda.

Janganlah malu untuk bertanya kepada barista mengenai asal kopi dan jenis kopi yang disajikan misal kopi robusta, arabika, liberik atau jenis kopi yang lainnya. Sehingga anda bisa menikmati kopi berdasarkan jenis yang disajikan oleh barista. Atau sekedar mengobrol bagaimana proses dari setiap kopi tersebut.

  • Waktu Pembuatan Kopi

Memilih waktu yang tepat itu juga merupakan cara menikmati kopi yang benar, karena kopi yang disajikan dalam keadaan hangat lebih enak dinikmati daripada kopi dalam keadaan dingin. Karena sebuah fakta menunjukkan sebuah kopi yang disimpan dalam waktu lama akan menurunkan kualitas kopi tersebut.

Roasted kopi lebih baik disajikan setelah 1 bulan sedangkan green coffee tidak boleh disimpan melebihi 2 minggu karena aroma yang dimiliki dapat menguap sehingga dapat menurunkan kualitaas kopi tersebut. Untuk menikmati kopi sebaiknya 2-3 menit setelah kopi diseduh.

  • Pilih tempat yang nyaman

Pilihlah tempat yang paling nyaman untuk menikmati secangkir kopi, apabila anda suka dengan kesendirian lebih baik Anda memilih tempat yang sepi untuk menikmati kopi tersebut, bisa di rumah atau tempat ngopi yang tidak begitu ramai. Sehingga anda benar-benar bisa meresapi setiap tetes dari kopi tersebut.

Namun bagi Anda yang suka menikmati kopi bersama teman-teman anda bisa mencoba menikmati kopi disebuah caffe atau tempat yang lain, karena menikmati kopi bersama teman-teman akan menghangatkan suasana dan menjadikan sebuah kenikmatan yang luar biasa.

  • Cemilan pelengkap Kopi

Tidak lengkap rasanya menikmati kopi tanpa adanya makanan pendampingnya, Anda bisa menikmati kopi dengan beberapa cemilan atau makanan ringan seperti kue, kacang, atau singkong goreng sebagai pelengkap. Yang bisa menambah kenikmatan minum secangkir kopi.

Namun jika anda ingin rasa yang berbeda Anda juga bisa mencoba menikmati kopi dengan beberapa potong buah-buahan yang segar.

Namun ada satu hal yang perlu dihindari yaitu Rokok, karena rokok bisa membuat indra pengecap anda Mati rasa sehingga anda tidak bisa merasakan kenikmatan kopi yang sejatinya.

  • Teman Ngopi

Cara menikmati kopi selanjutnya adalah dengan adanya teman saat ngopi, ajaklah orang-orang terdekat bisa keluarga, pacar, atau sahabat untuk menikmati bersama-sama secangkir kopi. Supaya Anda bisa merasakan kehangatan yang ditimbulkan dari kopi tersebut.

Namun bagi anda yang tidak suka dengan keramaian atau lebih menyukai menikmati kopi sendiri, hal ini tidaklah menjadi masalah Anda masih bisa menikmati kopi meskipun sendirian karena rasa dari sebuah kopi tidak akan berubah dengan tidak adanya teman saat ngopi.

  • Minum sedikit demi sedikit

Minum sedikit demi sedikit juga menjadi cara menikmati kopi yang benar karena minum kopi berbeda dengan minum air putih atau minuman lainnya yang diminum dengan cepat.

Supaya kenikmatan kopi tersebut terasa maka minumlah kopi tersebut sedikit demi sedikit dan nikmati di setiap seruputanya.

Anda bisa merasakan keasamannya, kekentalannya, atau keseimbangan di setiap kopi yang disajikan. Karena setiap kopi mempunyai karakter dan cita rasa yang berbeda seperti rasa fruty, kayu manis, rempah-rempah atau rasa yang lainnya sehingga harus pelan-pelan dalam menikmati sebuah kopi.

  • Hindari gula yang berlebihan

Hindari menambahkan gula yang berlebihan pada kopi karena terlalu banyak gula akan Anda terlalu banyak menambahkan gula kopi tersebut akan terasa manis yang itu merupakan diluar dari hakikat sebuah kopi.

Sebaiknya Anda mencicipi sebuah kopi yang masih original sebelum ditambahkan bahan-bahan yang lainya nikmati ke asam pahitnya dari kopi tersebut, maka kenikmatan tersebut akan Anda rasakan tanpa dibantu oleh gula. Namun anda juga diperbolehkan menambahkan gula tapi sedikit saja.

  • Nikmati Aroma kopi

Jangan minum kopi hanya dirasakan pahitnya saja apalagi minum kopi untuk menghilangkan dahaga, karena Anda akan merugi apabila tidak menikmati aroma dari kopi tersebut. Karena setiap kopi memiliki aroma yang khas seperti halnya teh, coklat ataupun jahe.

Nikmati kopi secara pelan-pelan resapi setiap aroma yang dikeluarkan dari kopi tersebut, dengan demikian anda akan menjadi penikmat kopi yang handal dan bisa mengenali setiap kopi dari aroma yang dihasilkan tanpa harus mencicipi kopi tersebut.

  • Stop sharing do drinking

Cara menikmati kopi selanjutnya adalah stop sharing do drinking, maksud dari kalimat tersebut adalah stop sharing foto kopi yang Anda pesan ke semua sosial media yang Anda miliki, karena orang zaman sekarang sebelum makan atau minum pasti share foto terlebih dahulu.

Oleh karena itu hentikan kegiatan tersebut dan mulailah menikmati kopi yang Anda pesan, jangan sampai keasikan sharing foto kesana-sini sehingga kopi yang dipesan keburu dingin dan sudah tidak enak untuk dinikmati karena cita rasanya sudah mulai menghilang.

  • Jangan berlebihan

Cara menikmati kopi yang terakhir adalah jangan berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik termasuk dalam menikmati secangkir kopi. Karena kenikmatan dari kopi bisa dirasakan apabila diminum sesekali saja tidak terus menerus.

Batas untuk minum kopi bagi orang dewasa adalah 2 cangkir kopi dalam satu hari, karena apabila melebihi itu dikhawatirkan akan muncul gangguan-gangguan kesehatan pada tubuh Anda. Jadi minumlah kopi secukupnya dan nikmati di setiap kopi yang disajikan.

Itulah 10 cara menikmati kopi yang benar yang bisa Anda pahami sebagai pemula, nikmati setiap kopi yang Anda miliki, carilah tempat yang enak dan nyaman karena dalam menikmati sebuah kopi tempat juga sangat berpengaruh.

Dan sebaiknya sebelum minum kopi perut harus terisi terlebih dahulu bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit Maag, karena minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa menyebabkan sakit lambung yang terakhir adalah jangan berlebihan dalam minum kopi.
10 Cara Menikmati Kopi Yang Benar 10 Cara Menikmati Kopi Yang Benar Reviewed by Unknown on 19.43 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.