recent posts

banner image

6 Daftar Kopi Termahal di Dunia

Siapa yang tidak menyukai minuman yang satu ini? Minuman yang terbuat dari sari biji kopi pilihan yang mengandung banyak kafein dan asam klorogenat ini hampir disukai oleh semua kalangan. Kopi dianggap mampu untuk membentuk mood yang bagus, serta dapat meningkatkan stamina. Sehingga tidak heran jika ada yang selalu meminum kopi setiap harinya.

Kopi termahal di dunia

Negara Indonesia termasuk sebagai Negara penghasil kopi terbaik di Dunia urutan ke empat. Kopi terbaik Indonesia pun masuk ke dalam daftar kopi termahal di dunia. Meskipun hanya secangkir kopi namun seseorang rela untuk merogoh kocek yang dalam untuk menikmati sensasi yang dihasilkan oleh secangkir kopi.

Dari sekian banyak jenis kopi, terdapat beberapa kopi yang bernilai fastastis untuk bisa menikmatinya. Oleh karena itulah minum kopi tidaklah bisa dipandang sebagai aktivitas yang sebelah mata. Karena untuk dapat menikmati secangkir kopi, Anda harus rela membayar dengan harga yang mahal.

Kopi Termahal Di Dunia Yang Populer

1. Kopi Luwak Asal Indonesia

Kopi Luwak asal Indonesia telah berhasil menempati posisi pertama sebagai urutan kopi termahal di dunia. Biji kopi yang dihasilkan dari kotoran hewan musang atau luwak ini dibanderol dengan nilai yang cukup fantastis. Yaitu berkisar pada US$150 atau setara dengan Rp.2.08 juta per 500 gram.

Kopi ini memiliki cita rasa yang enak, unik dan memiliki aroma kopi yang harum. Hal ini terjadi karena luwak merupakan penyortir kopi terbaik di dunia. Luwak hanya akan memakan biji kopi terbaik saja. Sehingga kopi luwak pun menjadi kopi dengan kualitas Premium di dunia.

Awal ditemukannya kopi Luwak sebenarnya karena rasa penasaran yang tinggi akan rasa kopi oleh para petani. Pada zaman Belanda, hanya petinggi Belanda dan kaum ningrat yang diperbolehkan untuk mengonsumsi kopi, sedangkan para petani tidak boleh.

Tanpa sengaja, petani tersebut menemukan kotoran Luwak yang banyak ditemukan di sekitaran kebun Kopi. Luwak-Luwak tersebut banyak yang mengonsumsi biji kopi. Oleh para petani akhirnya kotoran tersebut dibersihkan dan dimasak menjadi minuman kopi. Ternyata cita rasa yang dihasilkan dari kopi Luwak tersebut malah sangat enak dan nikmat.

2. Hacienda la Esmeralda (Boquete, Panama)

Kopi Geisha yang diproduksi oleh Hacienda La Esmeralda merupakan salah satu biji kopi termahal di dunia yang tumbuh di daerah Boquete, Panama. Kopi ini memiliki cita rasa yang unik, sehingga banyak sekali orang di Dunia yang menyukainya.

Dibudidayakan di kontur tanah yang bagus membuat kopi ini memiliki rasa yang enak dan kualitas yang bagus. Kopi Gesha disimpan selama 40 hingga 60 hari. Kopi akan matang namun belum dikirim. Karena proses pengolahan yang unik inilah sehingga menghasilkan taste yang berbeda.

Selain itu, kopi Gesha ini telah memperoleh banyak penghargaan, salah satunya adalah Rosters Choice di SCAA pada tahun 2007 sebagai kopi dengan kualitas terbaik. Sehingga tidak heran jika harganya pun melonjak naik. Kopi ini dubandrol 350 U SD per pound.

3. St. Helena Coffe Company Island

Kopi Saint Helena diproduksi di sebuah pulau Helena. Yaitu sebah pulau kecil yang terletak sekitar 1.200 kilometer dari pantai Afrika di daerah Samudra Pasifik. Pulau ini konon dkenal sebagai tempat istirahat favorit Napholeon Bonaparte. Sehingga Kopi Saint Helena ini juga terkenal karena sejarah tersebut.

Kopi ini dibandrol dengan harga 79 U SD atau setara dengan 1.09 juta per 500 gram. Kopi merupakan ciri khas tersendiri dari pulau tersebut. Sampai-sampai terdapat sebuah quote yang cukup terkenal yang pernah dikatakan oleh Napoleon tentang pulau Helena. Yaitu “ The Only Good Thing About St Helena is the coffee”.

Dalam proses pengolahan kopi St Helena ini dibutuhkan waktu hingga 4 bulan untuk mengeringkannya. Kopi St Helena memiliki varietas floral-fruity ala citrus dan caramel. Kedua Varietas ini pernah masuk dalam Coffee of The Year pada tahun 2013 versi Spilling The Beans.

4. El Injerto

Kopi La Cima yang berasal dari wilayah Huehuetenango, bagian barat Guatemala ini merupakan kopi yang diproduksi oleh Finca El Ijerto. Pada Tahun 2006, kopi ini mampu meraih piala penghargaan dari Excellence. Karena penghargaan tersebut, harga kopi ini pun melonjak tinggi menjadi salah satu kopi termahal di dunia, mencapai harga 51 U SD atau setara dengan Rp. 708.000,- per 500 gram.

Kopi ini tumbuh pada ketinggian 1.650 meter di atas permukaan laut. Setengah dari wilayah tempat tumbuh kopi ini merupakan sebuah hutan yang telah berumur hingga ratusan tahun lamanya.

Sehingga berpengaruh dan tercipta iklim mikro yang berhasil menghasilkan sebuah karakter kopi yang luar biasa. El Injerto juga sangat istimewa karena merupakan varietal Bourbon dengan ciri khas yang unik.

5. Fazenda Santa Ines (Minas Gerais, Brazil)

Salah satu kopi termahal di Dunia selanjutnya adalah kopi yang berasal dari Minas Gerais, Brazil. Kopi ini dibandrol dengan harga 50 USD atau setara dengan Rp.694.000,- per 500 gram. Kopi ini sangat special karena dibudidayakan dengan cara yang masih tradisional. Sehingga rasa yang dihasilkannya pun sangat unik.

Kopi ini merupakan kopi yang dihasilkan dari bisnis pereira keluarga. Awalnya pada daerah ini memiliki masalah mengenai kualitas kopi yang dihasilkan.

Akhirnya pihak keluarga mencari teknologi dan ahli baru untuk bisa merawat pertanian di kawasan Fedenza Santa Ines tersebut. Dengan usaha yang serius, akhirnya keluarga berhasil mendapatkan kualitas yang diinginkan.

6. Black Ivory

Black Ivory merupakan salah satu kopi termahal di dunia. Black Ivory adalah biji kopi arabika yang berasal dari Thailand. Black Ivory tumbuh dan berkembang pada daerah dengan ketinggian 1.524 meter di atas permukaan air laut. Yang menjadikan unik dan mahal dari jenis kopi ini adalah karena proses pengolahan yang berbeda dari proses pengolahan kopi pada umumnya. Yaitu menggunakan hewan Gajah sebagai penyortirnya.

Gajah juga memiliki kemampuan yang baik untuk memilih biji kopi terbaik seperti halnya dengan luwak. Black Ivory dihasilkan dari kotoran gajah.

Akan tetapi gajah tidak seperti Luwak. Luwak mampu menghasilkan biji kopi yang utuh sedangkan gajah tidak. Dalam 32 kilogram biji kopi hanya bisa menghasilkan 2 ons Black Ivory saja.

Sehingga tidak heran jika harganya melambung naik menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Kopi Black Ivory ini dibandrol dengan harga 50 USD atau setara dengan Rp.694.000,- per 500 gramnya.

Itulah beberapa daftar kopi termahal di Dunia. Bagaimana apakah Anda berminat untuk mencobanya? Tidak ada salahnya jika Anda mencoba sensasi yang dihasilkan dalam secangkir kopi-kopi tersebut.

Namun sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda cukup uang untuk bisa mendapatkannya. Karena kopi-kopi tersebut merupakan kopi termahal di dunia dengan kualitas yang istimewa.

6 Daftar Kopi Termahal di Dunia 6 Daftar Kopi Termahal di Dunia Reviewed by Unknown on 23.39 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.