recent posts

banner image

Fakta Kopi Yang Wajib Diketahui

Kopi? Siapa yang tidak suka dengan minuman satu ini. Minuman yang sudah menjadi budaya bagi warga Indonesia pada khususnya. Sampai-sampai banyak kedai kopi bermunculan di setiap sudut kota di Indonesia ini. Bahkan bagi sebagian orang sehari tidak minum kopi hidupnya terasa kurang.

Minuman kopi yang terkenal dengan istilah anti ngantuk atau penyemangat di saat mengantuk ini mempunyai beberapa fakta yang belum banyak diketahui oleh orang.

Fakta Kopi yang wajib diketahui

Fakta-Fakta Kopi Yang Wajib Anda Ketahui

1. Asal Nama kopi

Fakta kopi yang pertama adalah asal nama kopi yang dalam bahasa inggris adalah coffee, coffee sendiri berasal dari bahasa latin yaitu coffee yang merupakan nama latin dari sebuah genus pohon.

2. 2 jenis kopi

Ada dua jenis kopi yang ada saat ini yaitu kopi robusta dan kopi arabika. Kopi robusta memiliki tingkat kafein yang tinggi, lebih produktif serta tahan dari berbagai penyakit. Sedangkan arabika memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi dan mempunyai aroma lebih komplek.

Harga kopi robusta lebih murah dari arabika, namun kebanyakan kopi-kopi spesial yang ada didunia menggunakan jenis kopi arabika dan harganya lebih tinggi dibanding dengan kopi robusta. Fakta kopi tersebut juga sudah diketahui oleh banyak orang.

3. Sejarah “Kekuatan” Kopi yang Ditemukan Oleh Kambing

Efek kafein pada kopi awal mulanya di saksikan oleh seorang penggembala kambing asal Ethiopia.

Ketika sedang menggiring kambing-kambingnya ke daerah yang ada tanaman kopi, kambing yang digembalanya memakan buah-buah kopi dan menjadikan kambingnya bergerak dengan lincah seperti sedang menari.

4. Manfaat kopi untuk tubuh

Kopi mengandung banyak antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Hal tersebut menjadikan seseorang yang gemar minum kopi lebih rendah resiko terkena penyakit parkinson, diabetes tipe 2 dan masalah pada jantung.

Selain itu fakta kopi yang perlu Anda ketahui adalah kopi bisa memperkecil resiko penyakit Alzheimer dan demensia yang seringnya ditandai melemahnya daya ingat, gangguan otak untuk melakukan penalaran, perencanaan, persepsi dan juga berbahasa yang seringnya dialami sesorang umur 65 tahun ke atas.

5. Kandungan nutrisi penting

Fakta kopi selanjutnya adalah dalam secangkir kopi mengandung vitamin B2 sebanyak 11% dari total yang disarankan per hari, 3% Mangan , 6% Vitamin B5 dan kalium. Dalam memilih kopi sebaiknya pilih kopi yang tidak mengandung bahan kimia karena kopi tersebut akan jauh lebih banyak kandungan nutrisinya.

6. Kopi Dianggap Sebagai Afrodisiak

Dalam ilmu kedokteran Afrodisiak merupakan sebuah substansi yang bisa untuk meningkatkan libido ketika dikonsumsi. Karena secangkir kopi mempunyai kandungan kafein yang cukup tinggi dan kandungan alkaloid yang berbeda maka kopi juga bisa meningkatkan stamina.

7. Kafein adalah kristal

Kafein yang terkandung dalam kopi tidaklah berbentuk cairan melainkan berbentuk kristal kecil yang memiliki ukuran 0,00016 inci. Meskipun berbentuk kristal efek dari kafein tetap kuat terhadap tubuh manusia.

Dalam waktu 10 menit peminum kopi langsung bisa merasakan efek dari kafein tersebut.

8. Kopi bisa tumbuh di Hawai

49 dari 50 negara bagian Amerika Serikat tidak bisa ditanami pohon kopi. Hanya satu-satunya negara yang bisa ditanami pohon kopi adalah Hawai. Selain dari itu wilayah kekuasaan Amerika yang bisa ditanami pohon kopi adalah Peurto Rico.

9. Asal kata Mocha

Pelabuhan yang pertama menyebarkan kopi ke seluruh dunia terdapat di Kota Mocha yang terdapat di Yaman. Kopi yaman terkenal dengan kualitas rasa kopinya yang mirip dengan cokelat.

Hal ini yang menjadikan minuman ini lebih dikenal dengan Mocha yang memiliki perpaduan rasa antara kopi dan cokelat.

10. “Caffeine Naps” Sangat Efektif

Jika Anda menginginkan sebuah manfaat dari kopi yang maksimal, maka minumlah kopi sebelum Anda tidur siang ini merupakan fakta kopi yang jarang diketahui orang.

Penelitian mengatakan bahwa minum kopi sebelum tidur siang selama 15 menit bisa membuat orang tersebut lebih terjaga setelah bangun dari tidurnya.

11. Tanaman Kopi Membutuhkan Banyak Air

Banyak orang yang beranggapan dalam memproduksi daging sapi memboroskan pasokan air dunia, namun menurut FoodBev.com pernyataan tersebut tidak benar sepenuhnya, karena perkebunan kopi yang lebih banyak memakan kebutuhan Air.

Jika 1 pound kopi membutuhkan 2500 galon air satu pound daging sapi hanya 1800 galon air.

12. Kopi yang Dipanggang, Bisa Disimpan Lama

Sebuah negara penghasil kopi umumnya melakukan panen sebanyak 1 atau 2 kali dalam satu tahun. Setelah dipanen biasanya kopi dipanggang yang kemudian akan disimpan di ruangan khusus yang membuat kopi tersebut bisa bertahan satu tahun lamanya.

13. Kopi Luwak Merupakan Kopi Termahal

Binatang luwak biasanya hidup di alam liar dan biasa mengonsumsi buah kopi yang selanjutnya difermentaasi di dalam pencernaannya. Biji kopi tersebut akan keluar dengan kotoran dari luwak tersebut, yang kemudian bubuk dari kopi tersebut memiliki harga yang sangat mahal.

Karena stoknya terbatas harga 500 gram kopi luwak bisa mencapai 2 juta rupiah karena rasa yang dimiliki sangat khas dan menjadi favorit oleh kebanyakan orang. Hal ini juga yang menjadikan Thailand melakukan hal sama hanya saja menggunakan hewan Gajah sehingga kopi yang dinamai dengan Kopi Gading.

14. Kopi akan Kehilangan 70% Rasa Dalam Waktu 2 Menit

Menurut para ahli pecinta kopi yang terkenal, lebih baik menikmati kopi dalam keadaan panas, karena kopi tersebut akan kehilangan 70% rasanya dalam waktu 2 menit.

Atau bisa disebut Basi bagi sebagian orang apabila dalam 15 menit tidak diminum. Jadi jangan menunggu dingin untuk menikmati secangkir kopi.

15. Negara terbesar yang mengkonsumsi kopi

Banyak yang tidak mengetahui tentang fakta kopi yang satu ini. Apabila negara Inggris dikenal sebagai negara peminum teh, Amerika Serikat adalah konsumen terbesar dari kopi.

61% warga Amerika lebih memilih kopi daripada minuman yang lain. Negara terbesar kedua adalah Jerman.

16. Gelas Khusus Untuk Astronot

Seorang ilmuan asal Portland State University menciptakan sebuah gelas yang diperuntukkan khusus Astronot supaya tetap bisa menikmati kopi diluar angkasa.

Gelas kopi yang memiliki 0 gravitasi ini diciptakan menggunakan mesin 3D. Untuk harga per gelas adalah 500 $. Ini merupakan fakta kopi yang jarang diketahui orang.

17. Dampak Buruk Kopi

Fakta kopi yang terakhir adalah dampak buruh dari kopi, selain banyak manfaat kopi juga memiliki dampak buruk bagi konsumennya apabila sering dikonsumsi akan mengakibatkan ketergantungan dari kopi tersebut.

Kafein juga bisa menyebabkan sakit kepala, insomnia, gugup, serta cepat marah. Untuk wanita hamil juga disarankan untuk tidak minum kopi karena kadar kafein bisa mengganggu kesehatan bayi yang dikandungnya.

Itulah beberapa fakta kopi yang masih banyak orang belum mengetahuinya. Selain banyak manfaat kopi juga memiliki dampak buruh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Jadi apabila Anda pecinta kopi maka konsumsilah kopi seperlunya untuk mendapatkan manfaat dari kopi tersebut.
Fakta Kopi Yang Wajib Diketahui Fakta Kopi Yang Wajib Diketahui Reviewed by Unknown on 22.45 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.