recent posts

banner image

Perbedaan Kopi Hijau Dengan Kopi Biasa Atau Kopi Hitam

Apakah Anda salah satu penikmat kopi? Kopi merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dinikmati dengan cara diseduh. Tanaman kopi telah ditemukan sejak ribuan tahun yang lalu. Banyak yang mengonsumsinya sebagai minuman penghangat tubuh.

Seperti halnya teh ataupun cokelat, kopi juga awalnya merupakan minuman yang dikonsumsi oleh para bangsawan kerajaan atau kalangan ningrat. Masyarakat kalangan bawah pun hanya bisa menikmati kopi dengan kualitas yang buruk saja.

Perbedaan Kopi Hijau dengan kopi biasa atau kopi hitam

Akan tetapi seiring perkembangan zaman, seluruh lapisan masyarakat pun bisa menikmati berbagai jenis kopi. Salah satunya adalah kopi hijau. Apakah Anda sudah mengenal kopi hijau? Lalu apakah perbedaan kopi hijau dengan kopi biasa? Atau perbedaan kopi hijau dan kopi hitam?

Berikut penjelasannya:

Pengertian

Berdasarkan pengertiannya, perbedaan kopi hijau dengan kopi biasa atau perbedaan kopi hijau dan kopi hitam adalah sebagai berikut.

Kopi hijau merupakan biji kopi biasa yang segar dan baru saja dipetik dan di dalam prosesnya tidak mengalami pemanggangan. Sehingga warna alami kopi tidak berubah dan masih tetap sama seperti aslinya.

Sedangkann kopi hitam atau kopi biasa merupakan biji kopi yang diolah dalam proses pemanggangan terlebih dahulu. Hal inilah yang menyebabkan berubahnya warna alami kopi menjadi kecoklatan atau bahkan lebih cenderung hitam.

Proses Pembuatan

Pada perbedaan kopi hijau dengan kopi biasa sebenarnya diawali dari proses pembuatannya. Dalam proses pembuatannya, kopi hijau tidak mengalami proses pemanggangan terlebih dahulu.

Sehingga warnanya tetap hijau dan tidak berubah warna. Kopi ini merupakan minuman tradisional yang terkenal di Arab Saudi.

Yang paling membedakan antara kopi hijau dan kopi hitam atau kopi biasa terletak pada proses roasting atau pemanggangan.

Kopi Hitam tentu saja memalui proses roasting sedangkan kopi hijau tidak melalui proses tersebut. Kopi hitam pun saat ini telah beraneka macam karena campuran beberapa bahan. Antara lain kopi moka, Cappucino, dan tentu saja kopi susu.

Kandungan dan Manfaat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa perbedaan kopi hijau dengan kopi biasa atau kopi hitam terletak pada proses pembuatannya. Hai ini juga sangat mempengaruhi kandungan yang terdapat di dalam biji kopi hijau.

Kopi hijau merupakan biji kopi dari buah kopi yang diolah tanpa proses dipanggang. Sehingga kandungan asam klorogenat lebih tinggi jika dibandingkan dengan kopi biasa. Tingginya asam klorogenat inilah yang dipercaya bahwa kopi hijau mampu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut manfaat yang terkandung di dalam Kopi hijau:

  • Menurunkan Berat Badan

Dalam kandungan manfaat yang menjadi perbedaan kopi hijau dengan kopi biasa adalah kopi hijau dapat digunakan sebagai resep diet alami. Sedangkan kopi hitam atau kopi biasa tidak mampu untuk menurunkan berat badan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine, suplemen ekstrak biji kopi hijau telah terbukti mampu mengurangi lemak tubuh dan berat badan pada hati tikus. Hal inilah yang menjadi dasar bahwa kandungan Asam Klorogenat dan kafein mampu untuk menurunkan berat badan.

  • Menurunkan Hipertensi

Selain memiliki fungsi untuk menurunkan berat badan, manfaat Kopi hijau selanjutnya adalah mampu mengurangi tekanan darah tinggi.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Clinical and Experimental Hypertension pada tahun 2006, menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per hari menunjukkan terjadinya penurunan tekanan darah tinggi.

  • Meningkatkan Mood

Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi hijau dipercaya mampu untuk meningkatkan mood yang baik bagi otak. Berdasarkan Study yang dilakukan oleh Nutrition Bulletin pada bulan February Tahun 2008 menjelaskan bahwa kafein dapat meningkatkan kewaspadaan, memori, tingkat fokus, reaksi waktu dan lain-lain.

Untuk menghasilkan manfaat yang optimal dari kopi hijau adalah dengan cara mengonsumsi kopi hijau antara 38 sampai 400 miligram setiap hari. Atau sepertiga cangkir dari empat cangkir kopi hijau. Hal ini sangat efektif untuk memberikan efek positif pada suasana hati dan aktivitas otak.

  • Menjaga Kesehatan

Pada Manfaat kali ini tidak ada perbedaan kopi hijau dengan kopi biasa. Keduanya sama-sama dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu untuk menangkal efek radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel yang terdapat di dalam tubuh.

Menurut penelitian yang dilakukan pada juli 2004 oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry, Antioksidan asam klorogenat yang terkandung dalam biji kopi hijau mampu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh.

Sebenarnya kandungan manfaat yang terdapat di dalam biji kopi hitam atau kopi biasa tidak jauh berbeda dengan manfaat yang terdapat di dalam biji kopi hijau. Tidak terdapat perbedaan kopi hijau dan kopi hitam secara mencolok. Keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut manfaat dari kopi hitam atau kopi biasa:

  • Meningkatkan Stamina

Seperti halnya kopi hijau, kopi hitam juga mampu untuk meningkatkan stamina. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein dapat mempengaruhi suasana hati dan sistem kerja otak. Dengan mengonsumsi kopi hitam dianggap akan lebih bersemangat dan berstamina. Selain itu mengonsumsi kopi juga dapat mencegah kantuk sehingga tubuh lebih segar.

  • Mencegah pertumbuhan Sel Kanker

Kopi hitam pun juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker akibat efek radikal bebas. Tidak terdapat perbedaan kopi hijau dengan kopi biasa. Keduanya sma-sama memiliki fungsi yang sama sebagai zat anti kanker di dalam tubuh.

Akan tetapi jangan berlebihan dalam menginsumsi kopi karena dapat beresiko asam lambung tinggi.

  • Mengurangi Resiko Diabetes

Dengan mengonsumsi kopi hitam pada kadar yang pas dan tidak berlebihan, dipercaya mampu untuk menghambat penyerapan gula di dalam tubuh. Kandungan asam klorogenat di dalam biji kopi dapat membantu meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh.

  • Merawat Kecantikan Kulit

Saat ini, kopi tidak hanya diminum. Melainkan banyak sekali yang memanfaatkan kopi menjadi masker kecantikan alami. Masker kopi dipercaya mampu untuk mencerahkan, melembabkan, mengencangkan serta menghaluskan kulit. Masker kopi juga dapat berperan sebagai zat anti aging yang mampu menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini.

  • Mencegah Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang umumnya terjadi pada usia diatas 65 tahun. Alzheimer atau pikun sangat erat hubungannya dengan degradasi fungsi saraf otak. Penyakit ini menyerang otak menjadi lupa dan bahkan menghilangkan memori di dalam otak.

Dengan mengonsumsi kopi, dipercaya mampu untuk meningkatkan daya ingat pada otak sehingga mampu mencegah munculnya alzheimer.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan kopi hijau dengan kopi biasa. Sebenarnya tidak ada perbedaan kopi hijau dan kopi hitam yang terlalu mencolok. Kopi hitam atau kopi biasa memiliki kadar asam klorogenat yang lebih rendah jika dibandingakn dengan kopi hijau. Kopi hijau lebih banyak dimanfaatkan sebagai resep untuk melakukan diet.

Namun bagi Anda yang menderita magg disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi hijau yang kaya akan asam klorogenat, Kandungan asam klorogenat yang tinggi di dalam biji kopi hijau dapat meningkatkan resiko naiknya asam lambung. Sehingga konsumsilah sesuai dengan kadar normalnya, yaitu 38 -140 mg kopi.
Perbedaan Kopi Hijau Dengan Kopi Biasa Atau Kopi Hitam Perbedaan Kopi Hijau Dengan Kopi Biasa Atau Kopi Hitam Reviewed by Unknown on 17.52 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.